Tentang Hijrah, Ilmu Apa Yang Harus Kita Prioritaskan? Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri

 Taubat dan hijrah yaitu kewajiban kita semua Tentang Hijrah, Ilmu Apa Yang Harus Kita Prioritaskan? Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri

Tentang Hijrah, Ilmu Apa Yang Harus Kita Prioritaskan?



Taubat dan hijrah yaitu kewajiban kita semua, kita diperintahkan untuk hijrah dari kemaksiatan, dari kedurhakaan, dari kesyirikan, kekufuran, kepada ketaatan, kepada kesholehan, kepada keimanan dan ketauhidan, kepada ibadah yang sesuai dengan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam..

Dan yang perlu kita ingat, hijrah itu tidak mudah, alasannya setiap orang yang berhijrah dia harus mendengar firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam surat Al-Ankabut ayat 2,

اَحَسِبَ النَّاسُ اَنْ يُّتْرَكُوْۤا اَنْ يَّقُوْلُوْۤا اٰمَنَّا وَهُمْ لَا  يُفْتَـنُوْنَ

Apakah insan berpikir mereka akan dibiarkan begitu saja memproklamirkan iman mereka, taubat mereka, hijrah mereka, kemudian mereka tidak diuji oleh Allah subhanahu wa ta’ala..? Allah akan uji kita, sehingga terbukti mana yang benar-benar hijrah dan mana yang KW dalam berhijrah..

Untuk sanggup bertahan dalam hijrah, untuk sanggup bertahan dalam ujian-ujian tersebut, kita butuh ilmu saudaraku. Allah berfirman dalam surat Al-Kahfi ayat 68,

وَكَيْفَ تَصْبِرُ عَلٰى مَا لَمْ تُحِطْ بِهٖ خُبْرًا

"Dan bagaimana engkau akan sanggup bersabar atas sesuatu, sedang engkau belum memiliki pengetahuan yang cukup perihal hal itu..?"

Baca Juga : Download Kumpulan Ceramah & Kajian Islam Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri

Bagaimana Anda sanggup sabar, bagaimana Anda sanggup bertahan, sedangkan Anda menghadapi problem yang Anda tidak tahu ilmunya. Analogi sederhana, bagaimana seseorang sanggup melewati ujian fisika, kimia, matematika, sedangkan dia tidak tahu ilmu perihal soal-soal tersebut..

Begitu juga dengan ujian kehidupan, mustahil kita sanggup bertahan dalam hijrah kita kecuali dengan  ilmu. Tetapi ada sebuah pertanyaan, saat kita putuskan untuk mendatangi majelis ilmu, untuk menambah ilmu kita, ilmu apa yang harus kita prioritaskan..? bagaimana kurikulumnya..? majelis ilmu itu bagus-bagus, dan sangat banyak bahkan seringkali ada di waktu yang sama. Apa yang harus kita pelajari pertama kali..?

Saudaraku yang dirahmati oleh Allah subhanahu wa ta’ala, Al-Imam Ibnul Mubarok, seorang ulama besar, nama yang tidak absurd lagi di dunia ilmu, ia memperlihatkan jawabannya kepada kita, kepada orang-orang yang gres hijrah. Beliau mengatakan, mereka para sahabat, para tabi’in, saat belajar, mereka mempelajari budbahasa terlebih dahulu sebelum mempelajari ilmu..

Mereka mempelajari budbahasa dan budbahasa sebelum mereka mempelajari masalah-masalah ilmu yang pelik, masalah-masalah ilmu yang besar dan panjang, mereka mempelajari adab, budbahasa kepada Allah subhanahu wa ta’ala, budbahasa kepada Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam, budbahasa kepada sesama umat islam, budbahasa kepada manusia. Mereka mempelajari itu semua sehingga mereka sukses, mereka menjadi imam, mereka bukan hanya menguasai ilmu secara teori, namun mereka menjadi teladan-teladan di dalam kehidupan keseharian mereka..

Di samping kita berguru ilmu aqidah, kita berguru iman, kita berguru ibadah-ibadah wajib keseharian ibarat shalat 5 waktu, bahan yang harus kita kedepankan, yang harus kita prioritaskan yaitu budbahasa sebagaimana yang dikedepankan dan diprioritaskan oleh para ulama-ulama kita, dari sahabat, tabi’in, dan tabi’ut tabi’in..

*Ditranskrip dari video "Ilmu Apa yang Harus Kita Prioritaskan?" dalam channel youtube ustadz Muhammad Nuzul Dzikri..

Baca Juga : Download Kumpulan Ceramah & Kajian Islam Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri

——○●※●○——

Esha Ardhie
Ahad, 28 Januari 2018

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tentang Hijrah, Ilmu Apa Yang Harus Kita Prioritaskan? Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri"

Post a Comment