Meski Kerinduanku Terus Bergejolak

 Khadijah melaksanakan semua pelayanan kepada Rasulullah tanpa derma orang lain Meski Kerinduanku Terus Bergejolak

Melayani Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam

Khadijah melaksanakan semua pelayanan kepada Rasulullah tanpa derma orang lain. Dia sendiri yang menyelimuti Rasulullah dikala dia meminta, "Tolong selimuti aku, tolong selimuti aku." Dia sendiri yang mengantarkan makanan dikala Rasulullah bermunajat di dalam gua. Dia tidak menyuruh orang lain meskipun dia kaya raya. Semestinya dia sendiri sanggup selalu dilayani dengan memakai harta bendanya, kedudukannya atau menyuruh anak-anaknya. Meskipun demikian dia tetap melakukannya sendiri. Seakan-akan kepergiannya itu memuat dua misi; pertama, melayani sendiri suami. Kedua, melihat suami dan bercengkrama sebentar, tanpa mengganggu kekasihnya terputus dari kesenangannya dan sesuatu yang dikala itu menjadi konsentrasinya. Seakan keadaan sanggup berbicara, "Aku tidak ingin mengganggu kesendirianmu, tetapi saya hanya ingin menikmati tatapanmu sekejap dan berbicara denganmu walau hanya sebentar. Kemudian saya akan bersabar menunggumu, demi kesenanganmu bukan untuk kesenanganku, meski kerinduanku terus bergejolak.."

Banyak istri yang menampakkan keluh-kesah dan kemarahan. Mereka menuntut suaminya untuk selalu berada di samping mereka dan meninggalkan kesenangannya. Suami yang hobi membaca akan mencicipi pengalaman Imam az-Zuhri dengan kitabnya. Sang istri marah-marah sambil berkata, "Demi Allah, kitab-kitab lebih berat bagiku daripada tiga orang maduku.."

——○●※●○——

[Abdullah bin Muhammad al-Daud dalam "Kado Pernikahan" (edisi terjemah), halaman 155]

Ditulis ulang oleh : Esha Ardhie
Senin, 23 Oktober 2017

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meski Kerinduanku Terus Bergejolak"

Post a Comment